Disnakertrans Rencanakan Pembangunan Blk Kabupaten

Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Jember berencana ajukan anggaran untuk pembentukan balai latihan kerja atau BLK kabupaten. Hal ini disampaikan kepala Disnakertrans Jember Mohammad Tamrin karena BLK yang ada di Jember saat ini masih dikelola oleh propinsi Jawa Timur.

Menurut Tamrin, dengan jumlah pengangguran yang ada saat ini, pola pikir masyaraat harus diubah dari mencari kerja menjadi menciptakan lapangan kerja. Salah satu upaya pendukung untuk mengubah pola pikir tersebut harus ada balai latihan kerja yang akan dipakai untuk melakukan pembinaan, sesuai potensi yang ada di daerah masing-masing.

Menurut Tamrin karena BLK yang ada saat ini masih dikelola propinsi, peserta pelatihan di BLK saat ini terdiri dari beberapa kabupaten yang ada di sekitar Jember. Sehingga tidak mungkin bisa mengembangkan pelatihan berdasarkan potensi yang di Jember. Sebab potensi di kabupaten lain berbeda dengan yang ada di Jember. Dampaknya, progam pengembangan ekonomi kerakyatan yang dicanangkan pemerintah daerah juga tidak akan berjalan dengan maksimal.

Lebih jauh Tamrin menjelaskan, pihaknya sudah pernah mencoba mengajukan kepada pemerintah propinsi agar pengelolaan BLK Jember diserahkan kepada kabupaten. Tetapi nampaknya pemerintah propinsi keberatan untuk melepas BLK Jember kepada pemerintah kabupaten.

Jika kabupaten Jember ssudah memiliki BLK sendiri lanjut Tamrin, pihaknya akan memberikan pelatihan sesuai potensi yang ada didesa masing-masing, tentu saja karena daya tampung yang terbatas harus dilakukan dengan cara bertahap.

(1,175 views)
Tags: