Bakesbang Linmas Ajukan Pemisahan Tugas Penanggulangan Bencana

Karena beban tugas yang sangat banyak Badan Kesatuan Bangsa Dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbang Linmas) mengajukan permohonan kepada bupati untuk pemisahan saltak penanggulangan bencana. Hal ini disampaikan kepala Bakesbangpol Linmas Jember Edi Budi Susilo.

Menurut Edi selain karena beban tugas yang terlalu banyak, sesuai amanat undang-undang dan peraturan pemerintah memang kabupaten dan kota harus memiliki badan penanggulangan bencana daerah tersendiri. Sehingga untuk selanjutnya penanggulangan bencana langsung ditangani tersendiri, terpisah dari satlak penanggulangan bencana yang selama ini menjadi salah satu bagian di kantor bakesbang.

Menurut Edi pihaknya saat ini sudah melakukan pembahasan secara tehnis yang dipimpin kabag organisasi, untuk selanjutnya diajukan kepada bupati. Sebab kewenangan untuk urusan re-strukturisasi pemerintah kabupaten menjadi kewenangan bupati.

Lebih jauh Edi menjelasakan, mengenai bentuknya seperti apa bakesbang sendiri masih menunggu keputusan dari bupati. Bisa jadi penanggulangan bencana daerah ini nantinya bisa berbentuk badan atau kantor, atau bisa juga dengan pertimbangan tertentu hanya akan berbentuk salah satu bidang di dalam bakesbangpol linmas.

Kemungkinan masuk sebagai salah satu bidang dalam struktur organisasi bakesbang menurut Edi bisa dilakukan. Sebab ada rencana untuk urusan perlindungan masyarakat yang sebelumnya menjadi tugas dan tanggung jawab bakesbang akan digeser menjadi tugas dan tanggung jawab Satpol PP.

(1.730 views)
Tag: