Untuk Mempermudah Pengawasan Jamaah Haji Risti Akan Diberi Rompi Khusus

Kantor kementerian agama akan memberikan rompi khusus kepada jamaah haji beresiko tinggi (risti). Hal ini dimaksudkan agar petugas kesehatan khususnya bisa dengan mudah melakukan pengawasan kepada jamaah haji beresiko tinggi tersebut.

Kepala seksi haji dan umroh kantor kementrian agama Jember Mohammad Muslich mengatakan, Sebenarnya untuk persoalan jamaah resiko tinggi masuk tupoksi dinas kesehatan. Menurut dinas kesehatan lanjut Muslich, kesehatan calon jamaah haji sudah dipantau sejak pemeriksaan tahap pertama. Saat ini yang sudah memasuki pemeriksaan tahap kedua, hanya untuk memastikan tidak ada perubahan signifikan terhadap kesehatan calon jamaah.

Untuk mempermudah pengawasan terhadap jamaah haji beresiko tinggi tersebut kantor kementrian agama akan memberikan rompi khusus, yang harus selalu dipakai oleh calon jamaah haji beresiko tinggi. Tujuannya menurut Muslich agar ketua regu, ketua rombongan, pendamping serta petugas medis bisa lebih mudah dalam melakukan pengawasan serta mengambil tindakan seperlunya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

selain itu Muslich menjelaskan, dirinya juga berkali-kali menghimbau agar jamaah haji tidak perlu membawa bekal yang sekiranya dilarang. Misalnya membawa minyak goreng berlebihan, kompor, magig jar dan lainnya. Sebab pengalaman tahun-tahun sebelumnya pelanggaran jenis ini paling banyak dilakukan oleh jamaah haji asal Jember. Seperti tahun lalu misalnya, sangat banyak barang bawaan jamaah haji asal Jember yang terpaksa dibongkar dan dikembalikan ke Jember oleh petugas di asrama haji Sukolilo Surabaya.

(1,166 views)
Tags: