Penggugat Tidak Bisa Menghadirkan Saksi, Sidang MK Atas Gugatan Hasil Pemilu Kada Jember Ditunda

Sidang kedua gugatan hasil pemilu kada kabupaten Jember di Mahkamah Konstitusi hanya berjalan 30 menit. Ketua majelis hakim Mahfud MD memutuskan sidang ditunda hingga Kamis 12 Agustus 2010, karena pihak pemohon dalam hal ini 3 pasangan calon yang kalah, dalam sidang kedua ini tidak bisa menghadirkan saksi. Padahal KPU kabupaten Jember sudah menyiapkan 9 orang saksi yang turut hadir di ruang siding.Untuk mempermudah jalannya persidangan, sebenarnya KPU kabupaten Jember bekerjasama dengan fakultas hukum Universitas Jember menyelenggarakan video conference. Sedikitnya 30 orang ketua PPK dan PPS sudah siap di fakultas hukum Unej, untuk memberikan keterangan sebagai saksi termohon dalam hal ini KPU kabupaten Jember.

Ketua bidang hukum KPU kabupaten Jember Habib Rohan ketika dikonfirmasi per telfon usai sidang mengatakan, meski pihaknya telah menyiapkan sejumlah saksi termasuk bukti data pendukung, saksi yang diajukan KPU tidak bisa memberikan keterangan. Sebab pemohon sendiri belum bisa menghadirkan saksi, sehingga KPU sebagai termohon belum bisa menentukan saksi seperti apa yang memiliki korelasi dengan materi gugatan.

Pihak pemohon sendiri secara lisan kepada majelis hakim menyampaikan bahwa akan mengajukan sedikitnya 30 orang saksi untuk mendukung materi gugatannya. Ketua majelis hakim Mahfud MD kemudian meminta pemohon dan termohon melakukan efisiensi saksi, jika memang substansi materi yang akan disampaikan sama.

Mahfud dengan tegas meminta pemohon maupun termohon bisa menghadirkan saksi pada sidang hari Kamis mendatang. Mahfud juga berharap agar persoalan ini tidak berlarut-larut, setelah mendengarkan keterangan seluruh saksi majelis hakim akan berupaya langsung menyampaikan putusan.

(1,022 views)
Tags: