PCNU Pekan Depan Akan Gelar Rapat Pleno Untuk Memilih Ketua Tanfidz Pengganti Gus Aab

PBNU sudah menerima surat pengunduran diri ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, tetanggal 11 Mei 2010 lalu. Dalam waktu dekat PCNU Jember akan menggelar rapat pleno, untuk memilih ketua tanfidz yang baru untuk menggantikan posisi Gus Aab.Ketua umum PBNU Said Agil Siraj usai memberikan kuliah umum di STAIN Jember Jumat siang mengatakan, dirinya sudah menerima surat pengunduran diri dari ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin tertanggal 11 Mei 2010. Untuk sementara salah satu wakil ketua PCNU akan menjadi pejabat sementara, sambil menunggu mekanisme penggantian.

Sebab menurut Agil, sesuai aturan di NU jika ada pengurus harian yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah, harus memilih salah satu. Akan terus maju sebagai calon atau tetap menjadi pengurus harian NU. Jika memilih terus akan maju maka jabatan di NU harus ditinggal dengan status berhenti, bukan non aktif untuk sementara selama masa pencalonan.

Sementara wakil ketua PCNU Jember Sofyan Sauri ketika dikonfirmasi mengatakan, ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa saat ini sudah ada PLT untuk menggantikan tugas Gus Aab. Padahal sebagai salah satu pengurus Sofyan tidak pernah merasa diundang rapat pleno. Sofyan menilai ada kebohongan publik yang dilakukan oleh oknum di PCNU.

Karena itu Sofyan berencana akan mendesak rois syuriah PCNU Jember agar segera menggelar rapat pleno untuk menentukan pengganti Gus Aab sebagai ketua tanfidz PCNU Jember. Sofyan menargetkan rapat pleno akan dilakukan sekitar pekan depan.

Sebelumnya meski muncul desakan dari berbagai pihak agar Gus Aab mundur dari jabatannya sebagai ketua PCNU Jember, Gus Aab bersikeras menolak dengan alasan aturan tersebut akan ada dalam peraturan organisasi atau PO, yang akan disusun satu tahun pasca mektamar. Sehingga saat ini masih belum ada aturan yang mengharuskannya untuk mundur dari PCNU karena alasan maju dalam pemilu kada.

(831 views)
Tag: