Besar Kemungkinan PKS Usung Taufik Setyadi Bersama Gerindra

Partai Keadilan Sejahtera besar kemungkinan akan bergabung dengan partai Gerindra mengusung calon bupati Taufik Setyadi. Setidaknya hal ini dapat dilihat ketika PKS melakukan pengambilan formulir pendaftaran calon bupati ke KPUD Jember bersama-sama dengan partai Gerindra.

Wakil sekretaris DPC Gerindra Jember Sumpono mengatakan, dalam komunikasi yang dibangun dengan PKS ternyata ada kesamaan visi dan misi antara Gerindra dan PKS. Meski tidak diungkapkan secara vulgar publik pasti sudah bisa menilai kemana arah dukungan PKS. Sebab Gerindra sendiri rekomendasi dari DPP sudah jelas mengusung calon bupati Taufik Setyadi. Dan DPC Gerindra bertekad sebisa mungkin untuk mengamankan rekomendasi tersebut.

Meski demikian perjalanan politik menurut Sumpono masih sangat dinamis. Sumpono tidak ingin berandai-andai, tetapi tetap berharap tidak terjadi sesuatu yang diinginkan terhadap hubungan antara PKS dan Gerindra yang selama ini telah dibangun.

Sementara anggota fraksi PKS Syahroni atau Haji Ayong membantah sudah terjadi kesepakatan koalisi dengan Gerindra. Menurut Ayong, PKS sejauh ini masih belum mengunci diri kepada salah satu calon tertentu. Masih ada kemungkinan PKS akan mendukung calon lain selain Taufik Setyadi bersama Gerindra.

Kebersamaan PKS dan Gerindra di KPUD kemarin menurut Ayong hanya untuk melakukan pengambilan formulir. Tetapi antara PKS dan Gerindra belum membicarakan siapa pasangan calon yang akan diusung. Di permukaan lanjut Ayong memang sudah nampak PKS akan berkoalisi dengan gerindra mengusung Taufik. Tetapi pembicaraan mendalam mengenai konsep koalisi saat ini masih dibicarakan.

Lebih jauh Ayong menerangkan, dalam kalkulasi politis memang PKS tidak bisa mengusung calon sendiri. Sehingga PKS membutuhkan partai koalisi untuk memenuhi syarat 15 persen sesuai ketentuan KPU. PKS sejauh ini sudah menjalin komunikasi dengan partai lain selain Gerindra. Tetapi memang yang paling mungkin menurut Ayong adalah berkoalisi dengan Gerindra.

Rekomendasi Gerindra-pun masih belum jelas kepada Taufik. Semua masih bisa berubah tergantung dengan agreement politik yang kemungkinan besar baru bisa diketahui satu atau dua hari kedepan. Yang jelas lanjut Ayong, meski PKS dan Gerindra sudah mengambil formulir bersama, antara PKS dan Gerindra sama-sama belum saling mengunci.

(1.026 views)
Tag: