Hampir 10 Ribu Personil Diturunkan Untuk Amankan Pemilu Kada

Hampir 10 ribu personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan pemilu kada mendatang. Demikian dikatakan kepala Bakesbang Linmas Edi Budi Susilo Selasa siang. Bahkan dengan peleburan polwil Besuki, diperkirakan Polres Jember akan menurunkan personil lebih banyak dari yang direncanakan semula.

Menurut Edi, sejauh ini dari pengamatannya kondisi di 31 kecamatan di Jember masih relatif kondusif. Meski demikian kondisi ini tidak boleh membuat semua pihak lengah. Segala kemungkinan terburuk sekecil apapun harus tetap diantisipasi.

Edi menjelaskan, untuk personil yang akan dilibatkan diantaranya 7 ribu lebih anggota linmas yang akan disebar di semua TPS, 900 personil Polri, 250 personil TNI, 400 Satpol PP dan 50 orang personil Dishub. Bahkan dengan perubahan struktur organisasi di jajaran kepolisian, besar kemungkinan polres akan menurunkan personil lebih banyak dari rencana sebelumnya.

Penetapan jumlah personil yang akan diterjunkan baru akan diambil setelah digelarnya rapat koordinasi Pam Pemilu Kada mendatang. Termasuk kemungkinan permintaan bantuan personil dari kabupaten lain maupun bantuan dari Sat Brimob.

Sementara untuk anggaran menurut Edi, saat ini dalam proses pendistribusian ke Polres Jember. Sementara anggaran untuk instansi lainnya sinergis dengan anggaran yang ada ddi Bakesbang Linmas. Yang pasti lanjt Edi, saat ini sudah tersedia anggaran senilai 4,8 milyar rupiah untuk pengamanan pemilu kada dua putaran.

(745 views)
Tags: