Melihat Kesiapan Pelaksanaan Ujian Nasional.

Dalam waktu dekat Ujian Nasional untuk Sekolah Menengah Atas akan digelar. jka tidak ada pengunduran jadwal, pelaksanaan ujian nasional untuk SMA, akan digelar tanggal 22 sampai tanggal 26 maret mendatang. Sedangkan untuk sekolah menengah pertama akan dilaksanakan tanggal 29 maret hingga 1 april mendatang. Terkait persoalan ini, bagaimana kesiapan sekolah menjelang pelaksanaan ujian nasional? Lalu, bagaimana pula kesiapan dari dinas pendidikan jelang pelaksanaan ujian nasional? Dan bagaimana pandangan DPRD terkait ujian nasional?

Jika dibandingkan dengan tahun-tahun lalu, ada perbedaan terkait pelaksanaan ujian nasional. Jika tahun sebelumnya tidak ada ujian ulang, maka untuk tahun ini, bagi peserta didik yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional, maka akan diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian ulangan.

Menurut Ketua Komisi D DPRD Jember, Sunardi, berdasarkan hasil kunjungan kerja ke departemen pendidikan nasional ujian nasional bukanlah satu-satunya syarat kelulusan.

Dijelaskan, selain harus lulus ujian nasional, seorang peserta didik dinyatakan lulus sekolah, apabila memenuhi tiga indicator. Pertama, menyelesaikan seluruh program pembelajaran, kedua memperoleh nilai minimal baik untuk mata pelajaran ahlak dan ketiga dinyatakan lulus ujian sekolah.

Kemudian lanjut Sunardi, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jadwal pelaksanaan ujian nasional untuk tahun ini dimajukan. Itu lantaran, pelaksanaan ujian nasional dilaksanakan dua kali, serta memberi kesempatan bagi yang tidak lulus, untuk mengikuti kembali.

Sunardi juga berharap, pelaksanaan UN berjalan dengan lancar dan seluruh peserta didik di jember bisa memperoleh hasil UN dengan maksimal.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Dan SMA Dinas Pendidikan Jember, I Wayan Wesa Atmaja mengatakan, sejauh ini semua sekolah di jember sudah siap menghadapi ujian nasional. Bahkan menurutnya, sebelum muncul polemik penerapan ujian nasional, pihaknya sudah menginstruksikan kepada sekolah agar tetap mengadakan persiapan.

Terbukti kata dia, jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian nasional, sekolah sudah mengadakan beberapa kegiatan. Seperti Try Out, pemberian tambahan pelajaran.

Wayan berharap, tingkat kelulusan siswa di jember pada tahun ini, mencapai 100 persen, sebab, dari tahun ke tahun angka kelulusan di jember selalu meningkat.

Dikonfirmasi terpisah, sebelumnya Kepala SMA Negeri 2 Jember, Sukantomo mengatakan, sejauh ini semua siswanya sudah siap menghadapi ujian nasional. Menurutnya, sebelum muncul polemik penerapan ujian nasional, pihaknya sudah mempersiapkan siswa menghadapi ujian nasional.

Sukantomo optimis, SMA Negeri 2 Jember mampu meluluskan siswanya 100 prsen. Target tersebut bukan tidak beralasan, sebab sejauh ini seluruh siswanya sudah siap menghadapi ujian nasional.

(1.476 views)
Tag: