Puskesmas Diharapkan Gunakan Pusling Sebagaimana Mestinya

Ambulance atau mobil puskesmas keliling diharapkan bisa kembali difungsikan sebagaimana mestinya. Sebab selama ini komisi D DPRD Jember menilai mobil puskesmas keliling sudah beralih fungsi. Bahkan ketua komisi D Sunardi mengatakan beberapa kali melihat ada mobil puskesmas keliling parkir di pertokoan.

Dalam hearing bersama seluruh kepala puskesmas se kabupaten Jember Kamis siang, ketua komisi D DPRD Jember Sunardi mengatakan, seharusnya mobil puskesmas keliling atau ambulance stand by 24 jam di puskesmas, sehingga ketika ada pasien yang membutuhkan bisa segera digunakan. Tetapi masih juga sering terlihat mobil puskesmas keliling berkeliaran di pusat-pusat perbelanjaan.

Selain itu menurut Sunardi, dari pengamatannya rumah dinas puskesmas banyak yang tidak ditempati oleh kepala puskesmas. Sehingga ketika ada pasien darurat yang membutuhkan jasa seorang dokter, masih harus menunggu dokternya datang atau langsung dirujuk ke RSUD.

Sementar kepala puskesmas Puger dokter Santoso mengatakan, puskesmas saat ini memang mengalami kekurangan mobil operasional. Sehingga ketika harus menghadiri rapat di dinas kesehatan, utusan dari puskesmas yang jumlahnya lebih dari dua orang harus menggunakan mobil ambulance.

Belum lagi jika harus mengambil obat kebutuhan sehari-hari. Terlebih lagi lanjut Santoso, kondisi mobil puskesmas keliling atau ambulance yang saat ini dimiliki puskesmas beberapa diantaranaya sudah dalam kondisi tidak layak pakai. Sehingga sangat tidak mungkin mobil tersebut dipakai untuk reaksi cepat membantu pasien yang membutuhkan.

Yang tidak kalah urgent lanjut Santoso, puskesmas saat ini sangat membutuhkan adanya mobil jenasah. Sebab jika terjadi kecelakaan dan korban meninggal dunia di TKP, bukan hanya masyarakat yang bingung. Pihak puskesmas sendiri juga bingung, mau diangkut dengan apa jenasah korban ini. Karena standartnya ambulance tidak untuk mengangkut jenasah. Santoso berharap kedepan DPRD juga mempertimbangkan anggaran untuk pengadaan mobil operasional puskesmas, agar tidak mengganggu keberadaan mobil ambulance.

(1.220 views)
Tag: