Setelah Komisi D Diprotes Giliran Komisi B Kluyuran Ke Perusahaan Daerah Perkebunan

Belum genap sepekan belasan LSM memprotes komisi D DPRD Jember yang dinilai tidak etis mendatangi dinas pendidikan terkait kasus sister city, giliran komisi B DPRD Jember Rabu siang kluyuran ke perusahaan daerah perkebunan. Padahal seharusnya BUMD termasuk PDAM dan PDP merupakan mitra kerja komisi C bukan mitra komisi B.

Wakil ketua komisi B DPRD Jember Suroso Kastara saat dikonfirmasi mengatakan, awalnya komisi B berniat sidak ke SPBU Sukorejo. Namun di tengah perjalanan pihak PDP menelfon meminta agar komisi B datang ke PDP saja. Dengan pertimbangan anggota komisi B masih belum saling kenal dengan jajaran direksi PDP akhirnya diputuskan untuk memenuhi undangan tersebut.

Meski demikian Suroso sadar kunjungannya ke PDP akan menuai pandangan miring dari masyarakat. Surposo mengakui tidak etis anggota dewan berkunjung ke dinas-dinas atau kantor-kantor pemerintahan, yang justru akan menimbulkan dampak negatif bagi wibawa DPRD. Untuk itu Suroso berjanji kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi.

Sementara ketua LSM Elpamas Bambang Irawan sebelumnya mengatakan, DPRD memiliki kewenangan untuk memanggil dinas. Jika obyek yang akan dimintai keterangan bisa dipanggil, untuk apa DPRD yang mendatangi. Bambang menyayangkan prilaku anggota dewan yang seperti ini, yang justru akan menimbulkan kecurigaan-kecurigaan di masyarakat bahwa DPRD bertujuan meminta fasilitas dari dinas yang didatangi.

(595 views)
Tag: