Komisi C Rekomendasikan Pencekalan Kontraktor Nakal

25 proyek perbaikan jalan dan 5 proyek perbaikan jembatan sampai saat ini belum bisa terselesaikan. Padahal batas waktu semua urusan termasuk pencairan dan administrasi sudah harus selesai tanggal 15 Desember mendatang. Hal ini terungkap dalam hearing evaluasi pelaksanaan proyek APBD 2009 komisi C DPRD Jember bersama PU Bina Marga Kamis siang.

Mendengar keterangan pimpinan proyek PU Bina Marga yang menyatakan masih ada puluhan proyek yang belum terselesaikan, ketua komisi C DPRD Jember Mohammad Asir langsung naik darah. Sebab sebelumnya batas waktu pengerjaan sudah diperpanjang tapi masih saja belum bisa diselesaikan.

Sekretaris komisi C DPRD Jember Yudi Hartono mengatakan dinas pekerjaan umum harus bisa menekan pihak rekanan untuk segera menyelesaikan pekerjaannya. Sebab 15 Desember semua urusan proyek termasuk laporan administrasi dan pencairan sudah harus selesai. Jika tidak rekanan harus mendapatkan sangsi denda sesuai keppres 80, serta dimasukkan dalam daftar hitam agar rekanan nakal tersebut dipastikan tidak mendapatkan proyek lagi di tahun anggaran 2010, tidak perduli siapapun yang ada di belakang mereka.

Pimpinan proyek Senan mengatakan, rekanan mengalami kendala tehnis untuk menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Kendala yang dialami diantaranya terlambatnya suplai aspal dari AMP yang ada di Jember. Sehingga solusinya beberapa waktu lalu harus mengambil aspal dari Paiton, dan diperkirakan untuk mempercepat pengerjaan Minggu ini aspal akan didatangkan dari Pasuruan.

Sementara salah satu rekanan Regar yang disebut masih memiliki 3 proyek peningkatan jalan dan belum terselesaikan, saat dikonfirmasi per telfon mengatakan dirinya sudah mengetahui deadline waktu sampai tanggal 15 Desember. Regar yakin ketiga proyek yang dikerjakannya akan mampu di selesaikan sebelum batas akhir yang ditentukan.

Dalam hearing antara komisi C DPRD Jember dengan PU Bina Marga terungkap di APBD 2009 terdapat 237 proyek jalan dan 38 proyek jembatan. Dari semua proyek tersebut yang masih belum selesai 25 proyek peningkatan jalan, 2 proyek perawatan jalan serta 5 proyek perbaikan jembatan.

(599 views)
Tag: