Meski Sebagai Salah Satu Parti Pengusung SBY, 6 Anggota FKB DPR-RI Tandatangani Hak Angket Bank Century

Meski sebagai salah satu partai pengusung SBY, 6 dari 28 orang anggota fraksi kebangkitan bangsa DPR-RI menandatangani hak angket terkait persoalan bank century. Demikian disampaikan anggota komisi IX DPR-RI Fadil Muzaki, yang juga dikenal kenal dekat dengan keluarga Cikeas.

Menurut Fadil, untuk persoalan ini dirinya secara pribadi mengesampingkan dulu kedekatan keluarganya dengan Cikeas. Alasannya menandatangani hak angket bukan untuk menyerang SBY tetapi utuk mengetahui aliran dana bank century sebesar 6,7 trilyun yang saat ini tidak jelas larinya.

Awalnya lanjut Fadil, hanya 3 orang anggota FKB yang menandatangani hak angket, diantaranya Effendi Choiri, Lilik Wahid dan dirinya sendiri. Namun dalam perjalanannya terus berkembang hingga mencapai 6 orang. Meski dari internal PKB tidak ada tekanan, Fadil memprediksi jumlah anggota FKB yang menandatangani hak angket tidak akan bertambah.

Ayahnya sendiri KH. Muzaki Syah pengasuh ponpes Al-Qodiri Jember yang selama ini dikenal sebagai guru spiritual SBY, tidak pernah melarangnya untuk menandatangani hak angket. Hanya saja tekanan dari sesama anggota FKB yang awalnya cukup besar. Namun setelah dijelaskan anggota FKB yang lain bisa memahami, bahwa yang dilakukan juga untuk rakyat dan kebesaan partai.

(860 views)
Tags: