Wakil Ketua Bidang Bapilu PDI-P Nilai DPC PDI-P Jember Terlambat Menentukan Sikap Menjelang Pilkada 2010

Wakil ketua DPC PDIP Jember bidang politik dan pemenangan pemilu Yusuf Iskandar, menilai DPC PDIP terlambat dalam menentukan sikap terkait persiapan pilkada 2010 mendatang. Disaat partai lain sudah melakukan penjajakan, PDIP masih berkutat dengan persoalan internal.

Menurut Yusuf, jika PDIP tidak segera menentukan sikap, PDIP akan tertinggal dibanding partai lain dalam menyiapkan strategi pemenangannya. Jika memang harus melalui musyawarah besar dengan melibatkan seluruh pengurus hingga tingkat anak cabang, tidak menjadi masalah asalkan segera dilakukan. Sebab jadwal pendaftaran di KPU dimulai bulan Februari mendatang.

Konstituen PDIP sebenarnya tidak mempermasalahkan akan mengusung calon bupati atau calon wakil bupati. Tapi yang perlu dikaji menurut Yusuf, periode sebelumnya PDIP memiliki wakil bupati, dan ternyata keberadaan bupati justru membuat perolehan suara PDIP pemilu 2009 menurun hingga hampir 50 persen.

sementara humas DPC PDI-P Jember Lukman Winarno ketika dikonfirmasi mengatakan, silahkan saja jika ada wacana dari kader PDI-P yang menginginkan PDIP mencalonkan seorang bupati. Tetapi sesuai AD-ART partai, mekanisme tersebut harus melalui musyawarah di internal.

Yang terpenting menurut Lukman, PDI-P merupakan salah satu partai yang telah memenuhi syarat untuk mengusung seorang calon bupati ataupun wakil bupati. Jika memang konstituen PDIP menginginkan adanya calon bupati, menurut Lukman di internal PDI-P sendiri juga banyak kader yang mumpuni untuk jabatan tersebut. Selain juga tidak menutup kemungkinan munculnya calon dari eksternal partai.

(573 views)
Tags: