FKB Targetkan Tahun Ini Kesejahteran Rollstat Meningkat

Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Jember tahun ini bertekad memperjuangkan nasib tenaga honorer pemkab yang usianya sudah tidak mungkin lagi diangkat sebagai PNS. Minimal tenaga honorer mendapat honor sama dengan UMK yang berlaku.

Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Jember Ayub Junaedi mengatakan, dirinya sudah menginstruksikan kepada semua anggota FKB, target tahun ini nasib tenaga honorer harus lebih baik dari sebelumnya. Ayub melihat honor bagi rollstat hanya berkisar 400 ribu rupiah perbulan. Angka ini menurut Ayub masih terlalu jauh dari UMK Jember senilai 780 ribu rupiah.

APBD lanjut Ayub, sebenarnya tidak akan keberatan dengan kenaikan honor rollstat karena jumlahnya hanya sekitar 60 orang. Tambahan gaji tenaga honorer bisa diupayakan split dengan anggaran yang lain.

Sementara kepala badan kepegawaian daerah Sugiarto mengatakan, sejauh ini pihaknya belum ada rencana meningkatkan kesejahteraan tenaga honorer. Sebab dalam PP 48 tidak ada aturan tentang tenaga honorer. Bahkan didaerah lain sudah banyak yang memberhentikan tenaga honorer.

Untuk di Jember lanjut Sugiarto, masih ada kebijakan tetap mempekerjakan tenaga honorer sampai memasuki usia pensiun 56 tahun. Dalam PP 48 sendiri menyebutkan batas usia maksimal untuk bisa diangkat menjadi PNS per 2005 lalu 46 tahun. Sehingga seluruh honorer yang tidak bisa diangkat menjadi PNS di kabupaten Jember sekitar 60 orang.

(673 views)
Tags: