Sejumlah Fraksi DPRD Galang Dana Bantuan Untuk Gempa Sumbar

Sejumlah anggota DPRD Jember menyisihkan sebagian gajinya bulan ini, untuk membantu korban bencana gempa di Sumatera Barat. Setidaknya 3 fraksi sudah menyatakan memotong gaji masing-masing anggotanya.

Seperti diungkapkan anggota fraksi PKNU DPRD Jember Mohammad Jufreadi. Menurutnya gaji masing-masing anggota fraksi PKNU akan langsung dipotong 2 juta rupiah perorang. Tentang tehnis pengrimannya fraksi PKNU akan berkoordinasi dengan DPC dan DPW PKNU. Jika tidak ada petunjuk yang jelas fraksi PKNU akan menyalurkannya melalui rekening peduli gempa di media massa.

Sedangkan untuk DPRD secara kelembagaan lanjut Jufreadi, sampai hari ini belum ada intruksi apapun dari pimpinan. Meski demikian Jufreadi akan mencoba menggulirkan usulan ini kepada seluruh anggota dewan dalam rapat DPRD Senin pekan depan.

Senada dengan Jufreadi, ketua fraksi ANNUR Agus Widiyanto juga mengaku fraksi sudah menginstruksikan kepada anggotanya, agar menyisihkan gaji bulan ini untuk membantu korban gempa di Sumatera Barat. Namun untuk nominalnya, fraksi ANNUR masih belum bisa menentukan. Tetapi yang pasti fraksi ANNUR tidak akan menyalurkannya melalui struktur partai, tetapi akan langsung dikirimkan ke rekening peduli gempa yang ada.

Sementara anggota fraksi PKS Haji Ayong mengatakan, fraksinya juga akan melakukan penggalangan dana bantuan untuk korban gempa Sumbar. Khusus untuk anggota DPRD Jember dari PKS diwajibkan menyisihkan gajinya sekitar 1 juta rupiah per orang.

Selain itu struktur partai mulai Jumat siang juga menggalang sumbangan dari pengguna jalan di lampu-lampu merah. Dan sejak terjadinya bencana gempa Rabu lalu, kelompok-kelompok pengajian dan tarbiyah PKS sudah mulai menggumpulkan dana bantuan.

Usai sholat Jumat lanjut haji Ayong, PKS juga menggelar sholat gaib bagi korban gempa Sumbar di kantor DPD PKS secara berjamaah. Sedangkan doa bersama akan terus dilakukan oleh kelompok-kelompok pengajian PKS.

(588 views)
Tags: