Pasien Miskin Penderita Tumor Kandungan Merasa Ditelantarkan Rsud Subandi

Niya warga Jambuan Antirogo salah satu pasien miskin penderita tumor rahim merasa ditelantarkan pihak RSUD Subandi, karena sudah dua bulan menjalani perawatan belum juga ada kejelasan kapan pihak RSUD Subandi akan melakukan operasi terhadapnya.

Awalnya sekitar 3 tahun lalu, Niya dinyatakan hamil. Namun kehamilan Niya ternyata tidak normal. Karena keterbatasan biaya baru setelah 3 tahun berjalan diperiksakan ke puskesmas Sumbersari dan ternyata hasil diagnosa puskesmas ada benjolan sejenis tumor dalam rahim Niya. Untuk penanganan lebih lanjut puskesmas merujuk Niya ke RSUD Subandi.

Menurut Jumadi suami Niya, sekitar 2 bulan lalu dengan menggunakan kartu jamkesmas Niya menjalani rawat inap di RSUD Subandi selama 8 hari. Kemudian Niya diperbolehkan pulang dan untuk selanjutnya diminta melakukan kontrol rutin 3 sampai 4 hari sekali sampai saat ini.

Meski saat kontrol tidak dipungut biaya Jumadi berharap ada kejelasan kapan istrinya akan dioperasi. Sebab ada kalanya ketika penyakitnya kambuh, istrinya mengalami rasa sakit yang tidak tertahankan bahkan tidak jarang sampai pingsan.

Sementara direktur RSUD Subandi Yuni Ermita membantah pihaknya menelantarkan Niya. Menurut Yuni ada dua persoalan yang menyebabkan Niya tidak segera dioperasi. Pertama karena selain mengalami tumor di rahimnya, ada riwayat penyakit lain seperti kelainan jantung dan paru-paru yang harus dinormalkan terlebih dahulu sebelum dilakukan operasi.

Selain itu ruang operasi yang dimiliki RSUD Subandi saat ini hanya 5 ruangan, ditambah dua ruangan di IGD. Sehingga maksimal dalam sehari RSUD Subandi hanya mampu melakukan 18 operasi. Untuk pasien yang masuk bulan Agustus saja, khususnya pasien yang operasinya masih memungkinkan untuk ditunda masuk dalam daftar antrian operasi tahun 2010 mendatang.

RSUD lanjut Yuni, akan mendahulukan operasi bagi pasien darurat seperti melahirkan dan operasi gawat lain yang mungkin akan berakibat fatal jika tidak segera dioperasi. Yuni yakin jika dokter yang menangani masih menunda operasi terhadap Niya, berarti tumor yang ada dalam rahim Niya bukan tergolong tumor ganas.

(559 views)
Tag: