Demokrat Bidik Posisi Ketua DPRD Jember

Meski undang-undang susunan dan kedudukan atau susduk dewan masih menjadi tarik ulur di DPR-RI, DPC Partai Demokrat Jember sebagai pemenang pileg di kabupaten Jember dipastikan membidik posisi ketua DPRD Jember.

Ketua DPC Partai Demokrat Jember Saptono Yusuf mengatakan, dirinya sudah menawarkan kepada 9 orang anggota dewan terpilih dari democrat, untuk maju dalam bursa ketua DPRD Jember. Mengenai bagaimana mekanismenya, masih akan menunggu pengesahan susduk dewan. Meski ada kabar partai pemenang pemilu otomatis mendapat jatah posisi ketua, jika memang harus melalui voting seperti aturan terdahulu partai demokrat siap maju.

Menurut Saptono, dirinya dan calon anggota dewan dari demokrat sudah melakukan konsolidasi ke partai lain. Selain untuk menggalang dukungan khususnya dengan partai koalisi, juga untuk mengenalkan anggota dewan dari demokrat dengan anggota dewan dari partai lain. Sehingga sesudah dilantik nanti tidak canggung dan bisa langsung bekerjasama dengan baik.

Sementara untuk koalisi fraksi, hampir seluruh partai masih menunggu pengesahan susduk. Kabarnya untuk membuat sebuah fraksi, minimal harus memiliki 10 orang anggota. Jika memang aturan ini yang berlaku berarti tidak ada satupun partai di Jember yang bisa membuat fraksi sendiri.

Demokrat saja sebagai pemenang pemilu hanya berhasil mendudukkan 9 orang wakilnya di gedung dewan. Sehingga dipastikan semua partai harus berkoalisi untuk membentuk sebuah fraksi. Saptono sejauh ini mengaku sudah mendapat kesepakatan dari PDP yang memiliki 1 orang wakilnya, untuk bergabung dengan demokrat dalam pembentukan fraksi nantinya.

(895 views)
Tag: