Pembentukan Tim Independen Tambang Terbentur Anggaran

Akibat tidak adanya anggaran, pembentukan tim independen untuk melakukan studi kelayakan tambang mangan di Silo terpaksa ditunda. Rencananya anggaran untuk tim independen akan diusulakn melalui PAK, sehingga diperkirakan tim independen baru akan dibentuk bualn Agustus pasca pembahasan PAK.

Anggota komisi B DPRD Jember Mohammad Jupriyadi mengatakan, sejauh ini tidak ada pos anggaran untuk honor dan biaya operasional tim independen pertambangan. Padahal tim independen dalam bekerja membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Meski demikian Jupriyadi belum bisa memprediksi berapa nilai anggaran yang dibutuhkan.

Untuk anggota tim independen ini lanjut Jupri, harus memenuhi 4 krteria. Diantaranya jauh dari kepentingan, menguasai dampak lingkungan, akademisi petambangan, serta aspek hukum dan komunikasi masyarakat. Sehingga dalam tim independen nanti tidak akan melibatkan anggota dewan dan pemkab Jember. Karena jika dewan dan pemkab masuk dalam tim, Jupri khawatir independensi tim akan dipertanyakan.

Diberitakan sebelumnya, akibat terjadinya pro dan kontra di masyarakat Silo terhadap rencana tambang mangan, DPRD Jember memerintahkan Disperindag untuk menghentikan semua aktifitas pertambangan. Keputusan akan dilanjutkan atau dihentikan selamanya masih menunggu hasil kajian tim independen yang dibentuk.

(1.105 views)
Tag: