Ratusan Surat Suara Pilpres Rusak

Hampir 500 lembar surat suara pilpres rusak. Hal ini diketahui setelah KPUD Jember melakukan pelipatan sekaligus penyortiran. Akibatnya diperkirakan 3 kecamatan tidak mendapat surat suara sesuai kebutuhan, jumlah DPT ditambah 2 persen surat suara cadangan.

Divisi logistik KPUD Jember Hanan Kukuh Ratmono menuturkan, kemungkinan 3 kecamatan yang tidak mendapat surat suara sesuai kebutuhan yaitu Tempurejo, Kalisat dan Sukowono. Tetapi KPUD Jember sudah membuat berita acara untuk dikirimkan ke KPUD propinsi. Jika surat suara pengganti sudah sampai akan segera dikirimkan ke 3 kecamatan tersebut.

Meski ada kerusakan Hanan yakin tidak akan mengganggu jalannya pilpres. Sebab kebutuhan surat suara untuk total jumlah DPT sebanyak 1,7 juta lebih surat suara sudah terpenuhi. Hanya kebutuhan 2 persen surat suara cadangan yang masih kurang.

Lebih jauh Hanan menerangkan, proses pelipatan surat suara sudah selesai hari Minggu kemarin. Hanan memuji kinerja LSM yang mengawal pelaksanaan pelipatan surat suara. Proses pelipatan surat suara hanya molor sehari dari jadwal semula. Dengan demikian dari semua kebutuhan logistik sampai hari ini hanya template yang belum dating.

(809 views)

Tags: