Jumlah Pemilih Di Lapas Jember Berkurang 200 Orang Lebih

KPU pusat memerintahkan KPUD kabupaten dan kota melakukan pendataan ulang jumlah pemilih di lembaga pemasyarakatan. Setelah KPUD melakukan pendataan ulang di lapas Jember, jumlah pemilih berkurang hingga 200 orang lebih. Sehingga jumlah DPT lapas yang sebelumnya sebanyak 800 orang lebih saat ini hanya tinggal 600 orang.

Anggota KPUD Jember Catty Tri Setyorini mengatakan, sebenarnya DPT lapas sudah selesai sejak lama. Daftar pemilih sementara pemilih di lapas sama dengan DPT pileg. Dengan adanya surat edaran dari KPU pusat ini, KPUD Jember melakukan pendataan by name by address dengan melibatkan petugas lapas. Ternyata ada pengurangan pemilih sampai 200 orang lebih karena sudah dibebaskan. DPT lapas yang terbaru ini menurut Catty sudah dilaporkan ke KPU pusat.

Sementara untuk pemilih di RSUD Subandi menurut Catty, jika ingin menyalurkan hak pilihnya di rumah sakit, pihak keluarga minimal H-2 pemungutan suara sudah harus mengurus dokumen pencoblosan di daerah asalnya.

KPUD Jember sendiri lanjut Catty, sampai saat ini masih belum melakukan koordinasi dengan direktur RSUD Subandi terkait kemungkinan adanya TPS mobile. Sebab jika dilakukan saat ini tidak ada jaminan apakah pasien masih dirawat atau sudah pulang. Untuk itu Catty memperkirakan, H-3 pihaknya baru akan berkoordinasi dengan direktur RSUD, sekaligus menginformasikan persyaratan yang harus dipenuhi untuk menyalurkan hak pilihnya melalui TPS mobile.

(938 views)

Tags: