KPUD Jember Siapkan Seribu Surat Suara Untuk Pemungutan Suara Ulang

KPUD Jember menyiapkan seribu surat suara pilpres untuk antisipasi terjadinya pemungutan suara ulang. Seribu surat suara ini diluar surat suara cadangan sebanyak 2 persen dari total DPT 1,7 juta lebih pemilih. Hal ini disampaikan ketua KPUD Jember Catty Tri Setyorini Kamis siang.

Menurut Catty, surat suara cadangan ini dimaksudkan sebagai lagkah antisipasi jika terjadi kerusuhan, bencana atau kejadian lain diluar kemampuan penyelenggara di tingkat bawah, yang berakibat menggagalkan proses penghitungan suara.

Sesuai aturan KPU lanjut Catty, seribu surat suara ini wajib didahulukan meski surat suara yang utama sampai hari ini belum sepenuhnya terpenuhi. Sebab surat suara untuk antisipasi pemungutan suara ulang ini dirasa sangat penting, untuk mempercepat langkah KPUD kabupaten jika terjadi kendala tehnis semacam ini. Dengan demikian diharapkan proses pemilu presiden mulai awal hingga penetapan presiden terpilih dapat berjalan sesuai jadwal.

Sementara logistik pilpres yang saat ini sudah sampai di KPUD Jember baru berupa tinta dan surat suara. Untuk surat suara saja diperkirakan ada kekurangan hingga 40 ribu lembar. Sebab dari hampir 900 dos surat suara yang seharusnya masing-masing berisi 2000 lembar, ada kekurangan dengan jumlah bervariasi.

(731 views)
Tag: