Jumlah Pemilih Mahasiswa Untuk Pilpres Bertambah 100 Persen Lebih

Jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih sementara atau DPS Pilpres 2009 terus bertambah. Penambahan paling mencolok pada pemilih di kalangan mahasiswa. Diperkirakan penambahan pemilih dari kalangan mahasiswa mencapai 100 persen lebih dibanding pileg lalu.

Salah satu ketua PPS kecamatan Sumbersari Suwandi mengatakan, berdasarkan data yang dilaporkan petugas lapangan dan KPPS di salah satu tempat pemungutan suara di kelurahan Sumbersari, terdapat penambahan 90 pemilih mahasiswa. Padahal pada pileg lalu jumlah pemilih mahasiswa tidak sampai 40 pemilih.

Menurut Suwandi, jumlah ini dimungkinkan akan terus bertambah. Sebab hingga kini tidak keseluruhan mahasiswa bisa terdata. Masalahnya petugas kesulitan mendata mahasiswa yang sering berpindah tempat kos dan jadwal kuliah yang tidak sama.

Sementara ketua divisi pemutakhiran data pemilih KPUD Jember Hanan Kukuh Ratmono mengatakan, banyaknya penambahan pemilih selain karena petugas pendata yang pro-aktif mendatangi rumah-rumah penduduk, masyarakat juga aktif mengkrosscheck daftar DPS yang ditempel di TPS pemilu legislatif lalu.

Menurut Hanan, KPUD Jember sendiri sejauh ini baru mendapat dari perubahan DPS di 19 dari 31 kecamatan yang ada di Jember. Perubahannya mencapai 2.250 pemilih dibandingkan pemilu legislatif lalu. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat batas akhir pelaporan DPS hingga tanggal 31 Mei mendatang.

(770 views)
Tag: