Menjelang Masa Pemupukan Stok Pupuk Kabupaten Jember Aman

Meski harga pupuk di sejumlah daerah mulai merambat naik, harga pupuk di kabupaten Jember masih tetap stabil. Kondisi seperti ini dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh pihak lain, jika menjelang masa pemupukan kali ini terjadi panic buying yang jsutru merugikan petani sendiri.

Suyono, salah satu pemilik kios pupuk di kawasan Wuluhan menuturkan, secara umum harga pupuk di kawasan Jember selatan relatif stabil. Pupuk urea bersubsidi per kilogram dilepas 1200 rupiah, ZA 1.050 per kilogram dan Ponska 1.750 per kilogram. Harga ini menurut Suyono sudah sesuai dengan harga eceran tertinggi atau HET yang ditetapkan.

Suyono menambahkan, stabilnya harga pupuk di Jember tidak lepas karena lancarnya pasokan. Kalaupun ada yang kurang lancar hanya pasokan pupuk ZA. Meski demikian harga pupuk ZA juga masih tetap stabil, karena petani tidak terlalu membutuhkan pupuk ZA. Petani lebih memilih urea karena jika dipupuk menggunakan ZA tanaman tidak langsung menghijau.

Hal senada disampaikan Jumantoro, pemilik kios pupuk di Arjasa. Menurutnya selama belum ada perubahan aturan, kios tetap menjual pupuk sesuai ketentuan yang berlaku. Karenanya petani tidak perlu khawatir dan panic. Harga pupuk bisa naik menurut Jumantoro, jika petani berbondong-bondong membeli pupuk sebelum waktunya yang justru mengakibatkan stok kosong. Dan parahnya, ketika stok kosong akan memancing permainan oknum kios dan distributor pupuk.

Jumantoro juga menghimbau para pemilik kios pupuk jangan hanya bisa mencari keuntungan dari hasil menjual pupuk miliknya, tetapi diharapkan juga bisa menjalankan fungsi penyuluhan, sehingga petani tidak terperosok melakukan panic buying.

Sama dengan kawasan selatan, pasokan pupuk di kawasan Arjasa juga lancer. Bahkan tersendatnya pasokan pupuk ZA seperti di kawasan selatan tidak terjadi di kawasan utara. Menurut Jumantoro, dirinya mendapat kabar bahwa kabupaten Jember akan mendapatkan pasokan pupuk urea sekitar 11 ribu ton, untuk memenuhi kebutuhan selama masa pemupukan. Jika distribusi tepat sasaran Jumantoro optimis kebutuhan pupuk di Jember lebih dari cukup.

(1.036 views)
Tag: