KPUD Jember Libatkan Elemen Mahasiswa Untuk Sosialisasi Pilpres

KPUD Jember akan melibatkan elemen mahasiswa untuk memaksimalkan proses sosialisasi tahapan pilpres mendatang. Tiap elemen mahasiswa sedikitnya akan diberi 7 kegiatan sosialisasi untuk membantu KPU, dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilpres 8 Juli nanti.

Anggota KPUD Jember Mohammad Eksan menuturkan, diperkirakan setidaknya ada 49 agenda kegiatan sosialisasi. Selain dilakukan oleh elemen mahasiswa, KPU juga berupaya memancing peran serta masyarakat untuk memberikan masukan kepada KPUD, dengan menempel daftar pemilih sementara di kantor-kantor desa.

Dengan ditempelnya DPS tersebut lanjut Eksan, masyarakat bisa melakukan koreksi. Siapa yang belum terdaftar dalam DPS bisa mendaftarkan diri melalui perangkat desa setempat, selanjutnya hasil koreksi tersebut diberikan ke KPUD untuk ditetapkan sebagai DPT. Dengan demikian DPT yang ditetapkan nanti minimal bisa mendekati jumlah pemilih sebenarnya.

Lebih jauh Eksan menerangkan, sesuai perturan KPU nomor 23 tahun 2009 dan rakor KPUD propinsi Jawa Timur, KPUD juga berkewajiban melakukan sosialisasi yang ditekankan khusus untuk tahapan-tahapan pilpres.

Sejak 2 pekan lalu KPUD sudah memasang puluhan spanduk tentang tahapan pilpres saat ini. Setidaknya lanjut Eksan, jika masyarakat sudah mengetahui tahapan-tahapan pilpres dengan pasti, tingkat partisipasi masyarkat dalam pilpres mendatang dipastikan jauh lebih baik dibanding ketika pilgub dan pileg kemarin.

(806 views)
Tag: