Mencermati Kemenangan Partai Demokrat Di Jember

Hingar bingar pemilihan umum legislatif sudah mulai tidak terasa lagi, kampanye terbuka yang biasanya dihiasi dengan arak-arakan atau konvoi motor sudah berlalu. Di Kota Tembakau ini Partai Demokrat berhasil mengukukuhkan dirinya sebagai pemenang pemilu dengan mendudukkan wakilnya sebanyak 9 orang. Jadi sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apa yang menjadi faktor utama, Partai Demokrat berhasil keluar sebagai pemenang pilleg? Kemudian, bagaimana pandangan pengamat terkait dengan kemenangan demokrat ini?

 

Menurut Pengamat Politik Universitas Jember, M Nur Hasan, Sosok Susilo Bambang Yudoyono sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat masih menjadi faktor utama kemenangan Demokrat di beberapa daerah. Tidak hanya itu, kelihaian Partai Demokrat untuk memainkan isu strategis serta kebijakan, semisal Bantuan Langsung Tunai (BLT) bantuan beras miskin, Raskin.

 

Sementara, Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Jember, Totok Sumianta mengatakan, kemenangan partainya adalah kemenangan rakyat. Setidaknya hasil Pemilu Legisaltif 2009 bisa dijadikan tolak ukur, bahwa sosok SBY masih dipercaya oleh rakyat untuk kembali memimpin bangsa ini. Totok menambahkan, dirinya sebagai salah satu pengurus partai besyukur dan merasa bangga atas keunggulan partainya, baik di tingkatan nasional maupun di Jember sendiri.

 

Dikatakan, keberhasilan SBY sebagai presiden negara ini, bisa dilihat dan diukur dari program-program dan kebijakannya yang langsung menyentuh dan pro terhadap rakyat. Seperti bantuan langsung tunai dan raskin, yang ternyata sangat membantu masyarakat yang kurang mampu di negara ini.

 

Tidak hanya itu, Totok juga membantah tudingan miring, kemenangan Partai Demokrat salah satunya disebabkan SBY sebagai  pemegang kekuasaan tertinggi di negara ini, memainkan kebijakan serta jabatannya. Menurut Totok, faktor penentu kemenagan partainya adalah semua mesin partai mulai dari pusat hingga daerah semua berjalan dengan efektif.

 

Lebih lanjut Totok menjelaskan, dengan kemenangan ini kursi pimpinan DPRD Jember, pasti menjadi incaran partainya, sebab dirinya optimis dengan perolehan kursi terbesar, Demokrat yakin bisa mendapatkan jatah kursi pimpinan DPRD Jember.

 

Di tempat terpisah, Anggota KPU Kabupaten Jember, Hannan Kukuh Ratmono, sebelumnya mengatakan berdasarkan hasil penghitungan manual di tingkatan kabupaten, Partai Demokrat mengukuhkan sebagai partai yang memperoleh suara terbesar dengan perolehan 9 kursi.

 

Disusul kemudian, PDI Perjuangan dengan perolehan 8 kursi, PKNU dan PKB memperoleh jatah kursi sama yakni 6, disusul Golkar dan PKS sebanyak 5 kursi, PPP Gerindra dan PAN sebanyak 3 kursi dan terakhir Hanura dan PDP 1 kursi, itu artinya lanjut Hannan, pada Pemilu 2009 tidak ada lagi partai yang mendominasi parlemen.

(770 views)
Tags: