Perhitungan Sementara Demokrat Unggul golkar Merosot

Partai Demokrat masih memimpin di urutan pertama perolehan suara sementara DPR-RI di kabupaten Jember. Dari 49.272 suara sah yang masuk, 9784 pemilih  atau sekitar 19,8 persen memilih partai democrat.  

Anggota KPUD Jember Hanan Kukuh Ratmono menerangkan, berdasarkan data tabulasi di kantor KPUD kabupaten Jember, di urutan kedua di tempati PDI Perjuangan dengan 7,2 persen suara atau sekitar 8500 pemilih. Disusul PKB dengan perolehan suara 14,4 persen atau sekitar 7 ribu pemilih.

Sedangkan Partai Golkar yang sebelumnya berada di urutan keempat, hari ini tergeser Partai Gerinda dengan perolehan suara 7,3 persen atau 3500 suara. PKNU berada di posisi kelima  dengan 6,6 persen suara. Partai Golkar sendiri hari ini merosot di urutan keenam dengan perolehan 5,4 persen. 

Hanan mengatakan, data yang masuk ke pusat tabulasi nasional ini memang cenderung lambat. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor, salah satunya seluruh kabupaten dan kota di Indonesia melakukan update ke pusat tabulasi nasional sehingga menyebabkan proses update data sangat lambat.

Selain itu tulisan para KPPS dalam form  C-1 TI  tidak bagus, sehingga agar data lebih valid diperlukan  cros cek kepada yang bersangkutan. Hanan memperkirakan butuh waktu sekitar 10 menit untuk melakukan update data per-TPS.

Jumlah perolehan suara itu lanjut Hanan, masih bisa berubah sewaktu-waktu, mengingat jumlah TPS yang telah masuk baru sekitar 400 TPS  dari 4908 TPS yang ada di seluruh kabupaten Jember.

(761 views)
Tags: