Meski Perolehan Suara Merosot, PPP Optimis Perolehan Kursi Parlemen Tetap

Partai Persatuan Pembangunan pastikan mengantar kadernya sebagai anggota DPR-RI dan DPRD propinsi dapil Jatim 4 Jember-Lumajang masing-masing 1 kursi. Sedang untuk DPRD kabupaten Jember, PPP mendapat 5 sampai 6 kursi.

Anggota Bapilu PPP Ator Hatta menerangkan, dari hasil laporan saksi PPP di tingkat TPS, dipastikan Imam Suharjo mendapat perolehan suara aman untuk DPR-RI. untuk DPRD propinsi Lukman yang memperoleh suara aman.

Meski perolehan kursi DPRD untuk PPP tetap bahkan cenderung naik, perolehan suara PPP pemilu kali ini dibanding 2004 lalu turun drastic. Hal ini terjadi menurut Hatta, karena tingkat kehadiran pemilih ditambah suara tidak sah cukup tinggi. Sehingga ketika perolehan suara dibagi dengan bilangan pembagi pemilih atau BPP, harga satu kursi dewan menjadi murah. Seharusnya 27 ribu suara per kursi, saat ini hanya 11 ribu suara per kursi.

Hal senada diungkapkan anggota KPUD Jember Hanan Kukuh Ratmono. Menurutnya tingkat kehadiran masyarkat di TPS kali ini sekitar 55 sampai 60 persen. Angka ini menurut Hanan lebih baik dibanding pilgub lalu. Meski demikian ternyata jumlah suara tidak sah juga cukup tinggi. KPUD Jember memprediksi jumlah suara tidak sah mencapai 15 sampai 20 persen.

Tingginya jumlah suara tidak sah ini menurut Hanan, selain akibat banyaknya partai peserta pemilu kali ini juga akibat perubahan sistem pemilihan, yang sebelumnya mencoblos diganti dengan mencontreng. Hal inilah yang diprediksi membuat masyarakat bingung.

Sementara anggota bidang organisasi keanggotaan dan kaderisasi DPP PPP Juffa Shadiq mengatakan, penurunan perolehan suara PPP akibat ketidakkonsistenan ketua umum memposisikan dirinya. Sehingga benar kata pengamat, PPP tidak memiliki isu kebijakan pro rakyat yang bisa dikembangkan.

Jaffa juga mengaku kaget dengan perolehan suara demokrat yang naik signifikan. Bukan hanya suara PPP, suara semua partai tercuri. Menurut Jaffa, terjadi kesalahan pemahaman di masyarakat, pileg kali ini disangka pilpres. Sehingga figur SBY membuat demokrat raih suara penuh.

(976 views)
Tag: