Meprediksikan Perolehan Suara Parpol Pada Pemilu 2009

Banyaknya partai politik yang akan bertarung pada pemilu legislatif tahun 2009, membuat perebutan kursi legislatif semakin menarik untuk dicermati. Di Kabupaten Jember saja, sedikitnya 34 parpol akan bertarung pada pemilu mendatang. Hal ini tentu berdampak pada perolehan suara parpol pada pemilu 2004. Pada Pemilu 2009, sejumlah pengamat politik memprediksikan perolehan suara parpol khususnya di Jember, akan berimbang. Itu artinya, tidak akan ada lagi dominasi di kursi DPRD Jember.

 

Nah yang menjadi pertanyaan adalah, pada Pemilu 2009 bagaimana peluang  parpol meraih kursi di legislatif? Lalu, Apakah pada Pemilu 2009 akan ada dominasi salah satu parpol? Kemudian, bagaimana pula peluang parpol baru pada pemilu mendatang?

 

Data di Komisi Pemilihan Umum Daerah, KPUD Jember mencatat, PKB pada pemilu 2004 memperoleh kursi terbanyak dengan perolehan 17 kursi, disusul oleh PDI Perjuangan sebanyak 8 kursi, kemudian Partai Golkar sebanyak 6 kursi, PPP sebanyak 6 kursi, ,Partai Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi, dan PKPB 1 kursi.

 

Menurut, Pengamat Politik Universitas Jember, M Nur Hasan, dirinya memprediksikan perolehan suara di kursi DPRD Jember akan berubah. Jika pada pemilu 2004 lalu, Partai Kebangkitan Bangsa mendominasi DPRD Jember dengan perolehan 17 kursi, maka untuk pemilu mendatang  jumlah tersebut akan berubah.

 

Tidak hanya PKB, Nur Hasan juga memprediksikan, perolehan suara partai yang saat ini menempatkan wakilnya di DPRD Jember  mengalami nasib yang sama. Menurutnya ada beberapa faktor yang menyebabkan berubahnya perolehan suara. Diantaranya, pecahnya beberapa partai politik, kemudian, keputusan mahkamah konstitusi yang menganulir sistem suara terbanyak, yang akan berdampak kepada rasionalisasi pemilih semakin bertambah untuk memilih wakilnya.

 

Nur hasan menambahkan, pada pemilu mendatang partai politik yang dulu tidak memperoleh suara, kemudian partai baru, pada pemilu mendatang akan memperoleh kursi, seperti PKS, PKNU dan Gerindra.

 

Sementara itu, Ketua Dewan Tanfidz DPC Pkb Jember, Miftahul Ulum mengatakan, pada pemilu mendatang, PKB menargetkan perolehan suara sebanyak 18 kursi. Meski sampai hari ini partainya masih dilanda konflik internal, Ulum optimis hal itu tidak akan berpengaruh terhadap perolehan suara PKB di Jember.

 

Pasalnya lanjut Ulum, masyarakat di bawah khususnya konstituen PKB, sudah bisa menilai mana bahwa PKB yang tetap berkhidmat untuk membela yang benar. Apalagi kata dia, DPC PKB Jember salah satu PKB yang direstui di oleh Gus Dur.

 

Di tempat terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Jember Yusuf Iskandar, mengatakan pada pemilu mendatang partainya menargetkan meraih 20 persen kursi di DPRD Jember atau sekitar 11 kursi. Target tersebut lanjut Yusuf sudah dihitung matang oleh BP Pemilu DPC PDIP Jember. Apalagi kata dia, dengan kedatangan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri akan mendongkrak perlohan suara PDI Perjuangan Di Jember.

 

Di konfirmasi terpisah, caleg DPRD Jember dari PKNU, Hawari Hamim mengatakan, meski berstatus partai pendatang baru pada pemilu mendatang, dirinya optimis PKNU akan meraup suara cukup signifikan. Pasalnya, dilihat dari historisnya PKNU didirikan oleh ulama’ kharismatik. Kemudian, meski PKNU partai baru namun pengurus yang ada di dalamnya di dominasi oleh wajah-wajah lama. Jadi kata dia, dirinya optimis PKNU akan mampu meraih 13 kursi di DPRD Jember.

 

(1.688 views)
Tag: