KPU Bekali PPK Dan KPPS

Untuk meminimalisir kesalahan dalam administrasi pemungutan dan penghitungan suara, hari ini KPUD Jember memberikan pembekalan kepada PPK dan KPPS di aula hotel mulia. Hal ini dirasa penting, karena pengalaman pilgub kemarin, masih terjadi beberapa kesalahan sehingga memperumit proses penghitungan suara.

Ketua KPUD Jember Sudarisman menuturkan, pengalaman pilgub Jatim yang lalu dengan sistem yang sangat sederhana masih saja terjadi beberapa kesalahan dalam pengisian administrasi penghitungan suara. Dengan sistem pileg kali ini, yang jelas lebih rumit. Karena selain memilih DPRD Kabupaten juga memilih DPRD Propinsi/ DPR-RI dan DPD. Tingkat kesalahan pengisian formulir model C akan lebih besar.

Karena itulah lanjut Sudarisman, KPUD memberikan pembekalan jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan demikian masih ada waktu bagi KPPS untuk berkonsultasi dengan PPK jika masih terjadi kesulitan.

Lebih jauh Sudarisman menerangkan, selain memberikan pembekalan kepada PPK dan KPPS, pihaknya juga meminta aparat kepolisian yang bertugas mengamankan TPS agar menjamin keamanan. Terutama TPS yang berada di daerah kota maupun daerah-daerah basis. Sebab di TPS itulah sangat rawan terjadinya protes yang mungkin hingga ke tindakan anarkis.

Dalam kondisi lelah ditambah tekanan protes pihak luar, dikhawatirkan akan mempengaruhi ketenangan dan konsentrasi petugas TPS dalam proses penghitungan suara. Karena jika terjadi kesalahan di tingkat TPS, ketika di kroscek menggunakan rumus di tingkat PPK dan KPU, jumlahnya pasti akan berbeda. Dan persoalan inilah yang selalu memperlambat proses penghitungan suara.

Kpu lanjut Sudarisman, juga akan memberikan sosialisasi pengisian formulir model C kepada partai politik. Sehingga saksi dari parpol bisa ikut mengontrol pengisian formulir model C ini.

(881 views)
Tags: