Manuver Politik Gus Dur Ke Partai Gerindra Tidak Pengaruhi Perolehan Suara PKB

Manuver politik ketua dewan suro DPP PKB KH. Abdurahman Wahid, diprediksi tidak akan pengaruhi perolehan suara PKB di Jember. Hal ini diungkapkan ketua DPC PKB Jember Miftahul Ulum Rabu siang. Menurut Ulum, masyarakat khususnya massa pendukung PKB sudah paham kondisi politik yang terjadi di tubuh PKB. Di Jawa Timur ada 3 daerah yang PKB nya masih di restui Gus Dur. Jember, Probolinggo dan Bangkalan. Sehingga ketika Gus Dur menyerukan kepada massa PKB untuk golput, dibagian belakang selalu di ikuti kecuali untuk ketiga daerah tersebut.

Jika saat ini Gus Dur bermanuver ke partai gerindra lanjut Ulum, sebenarnya itu bukan untuk kepentingan pemilu 9 April. Tetapi lebih ke persoalan Pilpres. Untuk itu PKB diharapkan mendapat perolehan suara yang signifikan, sehingga memiliki nilai tawar yang tinggi ketika Pilpres mendatang.

Lebih jauh ulum menerangkan, manuver Gus Dur memang sedikit berdampak. Hanya saja dampak yang terjadi hanya sebatas munculnya pertanyaan massa PKB kepada pengurus DPC PKB Jember. Dan ketika sudah di jelaskan, massa PKB bisa memahami pernyataan Gus Dur.

Ulum juga mengaku masih tetap optimis perolehan suara PKB tetap utuh. Setidaknya Ulum menargetkan masing-masing daerah Pemilihan (Dapil) memperoleh 3 kursi di gedung dewan. Sehingga setidaknya dari 45 orang anggota dewan, 18 orang diantaranya berasal dari PKB.

(788 views)
Tags: