Belum Capai Target Vaksin, Dinkes Jember Minta Warga di 5 Kecamatan Pahami Bahaya Polio

Dinas Kesehatan Kabupaten Jember meminta kepada masyarakat di 5 kecamatan yang belum memenuhi target vaksin polio segera membawa anaknya ke layanan kesehatan terdekat.
 
Kepala Dinas Kesehatan Jember dr Hendro Sulistijono mengatakan terdapat 5 kecamatan dengan capaian vaksin polio di bawah 95 persen. Seperti diketahui, Lementerian kKesehatan menetapkan untuk mencapai herd immunity sasaran vaksin polio minimal harus 95 persen.
 
Lima kecamatan tersebut antara lain di Puskesmas Paleran, Kecamatan Umbulsari, Puskesmas Arjasa, Kecamatan Arjasa, Puskesmas Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Tempurejo dan Tanggul.
 
Hendro berharap pada tahap kedua di tanggal 19 hingga 25 Februari capaian vaksin polio di seluruh wilayah termasuk 5 kecamatan tersebut bisa mencapai lebih dari 95 persen.
 
Hendro menyebut masih ada warga dengan sejumlah alasan belum mengantarkan anaknya untuk mendapatkan vaksin. Ada yang menyampaikan karena anaknya masih sakit dan sejumlah alasan lain.
 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember sendiri menargetkan 304.000 anak bisa mendapatkan imunisasi polio dalam dua tahap dengan jangka waktu mulai 15 Januari hingga 25 Februari.
 
Target vaksin di tahap pertama sendiri kata Hendro sudah mencapai 97,4 persen anak. Dia berharap pada tahap kedua presentase tersebut bisa kembali dipertahankan.
 
Virus polio sendiri bisa mengancam masa depan anak Indonesia karena akan mengakibatkan lumpuh layu secara permanen dan tidak bisa disembuhkan. Virus ini sangat mudah tersebar melalui tinja yang tercemar dan masuk melalui mulut.
 
<<<< ulil
 

(109 views)