BPBD Jember Imbau Masyarakat Kenali Potensi Bencana di Sekitarnya

Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Jember, Penta Satria mengimbau kepada masyarakat agar mengenali potensi bencana yang ada di sekitarnya.
 
Contohnya, menghindari baliho yang banyak terpasang di tepi jalan, ketika terjadi hujan disertai angin. Dikhawatirkan, baliho yang terpasang tidak kuat bisa mengenai pengguna jalan.
 
Selain itu masyarakat juga diimbau agar menghindari berteduh di bawah pohon yang besar ketika hujan. Selanjutnya mulai melakukan normalisasi saluran irigasi di wilayahnya untuk mencegah banjir.
 
Selanjutnya Penta menyarankan agar masyarakat mengenali potensi bencana yang ada di sekitarnya melalui aplikasi inaRISK Personal milik BNPB.
 
Penta menyebut meski hujan sudah sering mengguyur kawasan Jember, namun masih belum merata. Hingga Kamis 4 Januari 2024, masih ada 2 desa yang masih membutuhkan suplai air bersih dari BPBD, yakni Desa Pondok Rejo dan Curah Nongko, Kecamatan Tempurejo.
 
Dua desa tersebut kata Penta sudah pernah turun hujan, namun lama tidak turun hujan kembali sehingga membuat debit air sumur tidak segera naik.

ulil

(126 views)