Selama Tahun 2023, Kejaksaan Negeri Jember Tangani 3 Kasus Korupsi

Dalam rentang tahun 2023, Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember telah memproses 3 kasus korupsi, satu di antaranya sudah divonis Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya.
 
Satu di antaranya kasus korupsi Dana Desa Mundurejo Kecamatan Umbulsari, Edy Santoso, yang divonis 1 tahun penjara.
     
Sementara 2 kasus lainnya masih berjalan, yakni dugaan tindak pidana korupsi program penyaluran KKPE (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi) tahun 2011 – 2013 di BRI Cabang Jember, serta kasus korupsi pegawai BRI Patrang.
        
Menurut Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus, Kajari Jember, Dinar Hadi Chrisna Hartanto Woleka, sidang perkara tindak pidana korupsi program penyaluran KKPE berlangsung Jumat, 15 Desember 2023.
 
Sidang tersebut digelar dengan pemeriksaan saksi sebanyak 12 orang, terdiri dari pemeriksa internal BRI dan teller. Dengan tiga tersangka yakni Ketua Asosiasi Petani Kacang, berinisial NC.
 
Kemudian warga Perum Argopuro Kaliwates dan 2 oknum karyawan BRI Cabang Jember berinisial PPH dan RS.
 
Sidang untuk kasus ini ditunda tanggal 09 Januari 2024 dengan agenda saksi dari kelompok tani.
     
Sedangkan yang kasus korupsi BRI Patrang, lanjut Dinar masih dalam proses penahanan Kejari Jember. Rencananya kasus BRI Patrang akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya, Januari 2024 mendatang.
     
Diketahui Kejari Jember, menahan  2 mantan kepala unit dan karyawan BRI Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, karena diduga korupsi, dengan modus kredit fiktif, Rabu 29 November 2023.

Keduanya berinisial HS (50) mantan Kepala Unit BRI Patrang periode Oktober 2022 – April 2023 dan SW (57) yang juga mantan karyawan BRI Patrang.
 
<<<<hafit

(210 views)