Komisi D DPRD Jember segera panggil Dinkes, Buntut Kasus Ibu Melahirkan di Jalan

Belasan anggota Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Jember, menggelar aksi protes ke Dinas Kesehatan pada Kamis 21 Desember 2023.
 
Aksi ini buntut dari adanya seorang ibu yang melahirkan di tepi jalan kawasan Desa Kali Glagah, Kecamatan Sumberbaru, Jember pada Rabu 20 Desember 2023 dini hari. Meski demikian, bidan setempat justru menolak membantu proses persalinan ibu tersebut.
 
Dalam aksinya, Apdesi menyampaikan sejumlah tuntutan ke Dinas Kesehatan dan DPRD Jember.
 
Anggota Komisi D, DPRD Jember, Achmad Ervan Rosidi Kesatriawan mengatakan, terdapat 15 anggota Apdesi yang menyampaikan sejumlah buruknya layanan Kesehatan di Jember.
 
Pihaknya kemudian sepakat untuk segera memanggil dinas terkait untuk mencari solusi, agar kasus ibu melahirkan di jalan dan peraturan yang bisa membahayakan nyawa, tidak terulang kembali.
 
Beberapa poin tuntutan Apdesi yang dilayangkan ke Dinas Kesehatan dan DPRD Jember antara lain, menuntut agar Pustu, Ponkesdes dan Polindes di seluruh desa di Kabupaten Jember kembali diaktifkan.
 
Kedua, melakukan evaluasi menyeluruh atas kinerja puskesmas sampai jajaran di bawahnya.
 
Ketiga, naikkan honor SDM perawat dan bidan (puskesmas sampai jajaran ke bawahnya) agar semakin semangat dalam melayani kesehatan masyarakat.
 
Keempat, permudah akses penggunaan ambulan desa untuk kepentingan warga masyarakat pedesaan. Hindari menyulitkan warga apalagi dalam kondisi darurat.
 
Kelima, rekrutmen dan pergantian sopir ambulan desa wajib mendapatkan rekomendasi Kepala Desa. Karena yang dinilai memahami situasi dan kondisi di lapangan adalah Kepala Desa.
 
<<<ulil

(158 views)