Libur Nataru, Dishub Jatim Siapkan Ribuan Armada Angkutan Umum

Orang yang akan bepergian selama libur Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 diprediksi meningkat 143 persen dibandingkan Nataru tahun sebelumnya. Karena itu, Dinas Perhubungan Jawa Timur mengantisipasi kemacetan dengan menyediakan ribuan angkutan umum.

Kepala Seksi Sarana Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Jawa Timur, Agung Heru Prasongko mengatakan, secara nasional, orang akan bergerak selama libur Nataru diprediksi sebanyak 107 juta orang, termasuk ke Jawa Timur.

Dinas Perhubungan memprediksi pengguna transportasi bus mengalami peningkatan 25 persen, kereta api 6 persen, pesawat 45 persen, dan kapal laut sebanyak 13 persen.

Atas kondisi tersebut, Dinas Perhubungan Jawa Timur menyiapkan ribuan moda transportasi, yakni sebanyak 6.637 bus, 90 kereta api, 182 pesawat, dan 55 kapal laut. Selain itu, Dinas Perhubungan dengan instansi terkait juga menyiapkan pengamanan dan di sejumlah titik rawan macet, khususnya di kawasan objek wisata yang tersebar di jawa timur.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Jatim Haji Satib mengatakan, sejauh ini pihaknya bersama Dinas Perhubungan telah melakukan persiapan menyambut Nataru, salah satunya dengan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain ada potensi peningkatan pergerakan orang, hari libur nataru diprediksi dalam kondisi cuaca yang cukup ekstrem.

<<<RUSDI

(173 views)