Hadapi Tahun Politik, KPID Jatim Minta Media Radio tak Condong ke Peserta Pemilu Tertentu

Menghadapi tahun politik pemilu 2024, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur meminta agar media radio tidak condong memberitakan peserta pemilu tertentu.
 
Hal ini disampaikan komisioner KPID Jatim, Romel Masykuri ketika bimtek (bimbingaMLn teknis) kepada seluruh lembaga penyiaran swasta atau radio di Jawa Timur, Selasa 21 November 2023.
 
Imbauan ini, kata Romel, sudah sesuai dengan ketentuan PKPI nomor 4 tahun 2023 tentang pengawasan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye pemilihan umum pada lembaga penyiaran.
 
Romel kembali mengingatkan, aspek keberimbangan dan disiplin verifikasi harus tetap dijaga dalam setiap pemberitaan, apalagi menyangkut isu isu politik. Sebab, belajar dari pemilu tahun 2019, banyak konten di media sosial yang sengaja diproduksi untuk menjatuhkan peserta pemilu yang lain.
 
Untuk itu, ketika ingin menyajikan informasi, harus berdasarkan sumber yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Selanjutnya, menghindari pemberitaan yang berpotensi menimbulkan konflik.
 
Pihaknya mengingatkan agar berhati-hati, untuk tidak condong ke salah satu peserta pemilu yang memiliki kepentingan dalam pemberitaan. Semua harus disajikan secara adil di waktu yang sama.
 
<<<<ulil

(89 views)