Banyak Kabel Semrawut di Jember, PLN Sebut Ulah Provider Internet Memasang Secara Ilegal

Banyaknya kabel yang terpasang tidak beraturan di tiang listrik milik PLN dan tiang PJU milik Pemkab Jember, dinilai telah mengganggu keindahan dan bisa berpotensi berbahaya. Sebab beban kabel yang bertambah berpotensi membuat tiang akan roboh.

Manager PT PLN (Persero) unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) Jember, Dasih Listyanto menegaskan bahwa banyaknya kabel yang terpasang tidak beraturan atau semrawut, bukan miliknya.

Kabel tersebut merupakan jaringan fiber optic dari provider internet yang memasang secara ilegal.

Hal ini disampaikan dasih ketika menghadiri program dialog tentang perempesan pohon bersama prosalina hari ini, Jumat 10 November 2023.

Dasih menyebut, pihak PLN tidak bisa melakukan pengawasan selama 24 jam, sehingga pemasangan jaringan fiber optic ilegal seringkali lepas dari pantauan.

Lebih lanjut, Dasih mengatakan, satu satunya pihak yang mengantongi izin untuk memasang jaringan fiber optic di tiang PLN yakni PT Icon Plus, anak perusahaan dari PLN sendiri.

Melihat fenomena banyaknya kabel semrawut, pihak PLN sendiri telah meminta kepada PT Icon Plus untuk menindaklanjuti ke pihak provider dan menertibkan jaringan yang terpasang secara ilegal.

Pihaknya juga telah meminta dukungan kepada TNI dan polri untuk mendampingi ketika melakukan penertiban nantinya.

<<<<ulil

(192 views)