Biro Penyelenggara Umroh, yang Telantarkan Jemaahnya di Arab Saudi, Bukan PPIU Jember

Biro perjalanan wisata, yang menelantarkan jemaah umroh asal kabupaten, bukan dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh ( PPIU) asal Kabupaten Jember. Bahkan hingga saat ini, tidak ada laporan atau pengaduan masyarakat ke Kantor Kemenag Jember.

Demikian ditegaskan Kepala Kantor Kemenag Jember, Ahmad Sruji Bahtiar, Kepada KISS FM, Kamis 2 November 2023.

Hanya saja, warga Jember yang ikut jemaah perjalanan wisata berinisial Z, yang kantor pusatnya berada di Situbondo. Dengan demikian, seluruh prosesnya dilakukan di Kabupaten Situbondo, sehingga bukan jemaah Kabupaten Jember.

Dia menjelaskan hingga saat ini, di Kabupaten Jember, tidak ada PPIU dengan nama biro perjalanan wisata dan umroh yang bermasalah tersebut.

Dia menjelaskan kewenangan pembinaan dan pengawasan PPIU berada di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur. Dengan demikian, yang berwenang memberikan punishment terhadap PPIU yang melanggar, seperti menelantarkan jemaahnya seperti dalam video viral itu, adalah Kanwil.

Menurut Sruji hingga saat ini, PPIU di Kabupaten Jember, tidak ada satupun yang bermasalah.

Dia menegaskan PPIU tersebut, harus bertanggung jawab atas insident, yang menimpa jemaah asal Kabupaten Jember. Karena hal ini, murni dilakukan oleh travel atau biro perjalanan wisata dan umroh. Beda dengan haji reguler, yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah.

Sebelumnya, viral sosial media, puluhan jemaah umroh asal Kabupaten Jember, terlantarkan di Arab Saudi. Mereka sudah pulang ke daerahnya masing-masing. Namun sebagian dari mereka, harus membeli tiket sendiri, untuk bisa pulang ke tanah air.

<<< hafit

(148 views)