BBM dan Cabai Penyumbang Inflasi Utama di Jember Sepanjang Oktober 2023

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Month to Month (MtM) di Kabupaten Jember sebesar 0,10 persen. Sementara dalam hitungan inflasi Year on Year (YoY) sebesar 3,18 persen.

Dari angka tersebut inflasi MtM, BBM memberi andil besar untuk inflasi di Jember, disusul kemudian beras, cabai, dan bawang merah, tingginya kebutuhan dan kenaikan harga, menjadi pemicu ketiga komoditas tersebut memberi andil inflasi.

Kepala BPS Jember Tri Erwandi mengatakan, dari delapan kota Indeks Harga konsumen (IHK) di Jawa Timur seluruh kabupaten terjadi inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kabupaten Sumenep sebesar 0,63 persen dan inflasi terendah terjadi di Kabupaten Banyuwangi sebesar 0,04 persen.

Komoditas yang dominan memberikan inflasi selama Oktober kemarin untuk beras sebesar 0,0268 persen, kemudian cabai rawit sebesar 0,0222 persen dan bawang merah sebesar 0,0143 persen.

Tri mengatakan, andil tertinggi inflasi dalam kelompok makanan yakni cabai dan bawang merah. Bensin memiliki andil hingga 0,1 persen kendati naiknya kecil, karena tingginya kebutuhan konsumsi BBM.

Tri mengatakan, inflasi yang terjadi pada komoditas tersebut rata terjadi di setiap daerah. Tingginya harga beras sejak dua bulan terakhir membuat daya beli masyarakat untuk komoditas lain juga semakin melemah.

<<<ulil

(149 views)