Kasus Cacar Monyet Sudah Masuk Indonesia, Dinkes Jember Minta Masyarakat Tetap Waspada

Kementrian Kesehatan RI telah mengumumkan adanya kasus 7 orang di Jakarta yang terinfeksi penyakit cacar monyet. Penyakit ini disebut bisa ditularkan melalui dorplet atau cairan dari penderita.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jember dr. Hendro Soelistijono meminta agar masyarakat di Jember tidak perlu gelisah, namun tetap waspada.

Caranya, Hendro meminta agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), hingga menggunakan masker saat beraktivitas.

Penyakit cacar monyet atau monkeypox ini bisa ditularkan melalui droplet berupa dahak, bersin, maupun air liur yang mengontaminasi lingkungan atau tangan, kontak kulit, kontak luka, cairan tubuh, serta kontak seksual.

Kendati belum sampai masuk kawasan Jember, Hendro tetap meminta agar masyarakat tetap menerapkan kebiasaan menggunakan masker seperti di era pandemik Covid 19. Selain untuk pencegahan, banyaknya debu di musim kemarau juga memicu kasus infeksi pernapasan meningkat.

<<<<ulil

(120 views)