Pansus 4 DPRD Jember Nilai Sewa Gedung JSG untuk Konser Dewa 19 Terlalu Murah

Ketua Pansus 4 DPRD Jember, Tabroni, mengaku kaget dengan harga sewa gedung Jember Sport Garden (JSG) Ajung untuk kegiatan konser bertajuk “Pesta Rakyat”. Tabroni menilai harga sewa terlalu murah.

Sebab, konser yang menampilkan band Dewa 19, Ahmad Band, serta Andra and The Backbone ini disewa Rp50 juta. Padahal, dengan berjubel penonton dikalikan harga tiket, diperkirakan potensi pendapatan mencapai miliaran rupiah.

Dia menjelaskan, sebelum acara konser, Pansus 4 sebagai tim yang fokus mengawal Raperda Retribusi dan Pajak telah melakukan sidak di JSG.

Mulai dari soal tribun, kursi, rumput lapangan, hingga soal lintasan atletik JSG yang dibuat dengan menghabiskan dana Rp3,8 miliar tersebut.

Hasil inspeksi, lanjut dia, ditemukan kondisi lintasan atletik tanpa pelindung atau penutup. Bahkan, di salah satu titik lintasan didapati telah mengelupas.

Menurut Tabroni, lintasan atletik di stadion-stadion lain bila ada event biasanya ditutup bisa memakai terpal, karpet, atau semacamnya.

Bahkan, dia dibuat kaget, saat mendengar kabar bahwa nominal sewa JSG yang diberlakukan hanya sekitar Rp50 juta. Dia menilai harga sewa  sangat  murah, seperti sewa gedung pernikahan. Jika berkaca ke stadion-stadion lain, sewanya paling tidak Rp200 jutaan.

Untuk memastikan ada tidaknya kerusakan, pihaknya sudah meminta Dinas PRKP dan Cipta Karya untuk mendokumentasikan kondisi semua JSG sebelum dihelatnya konser.

Pihaknya ingin bandingkan antara sebelum dan sesudah konser, bagaimana kondisinya. Jika ada kerusakan, maka EO wajib mengganti rugi sebagaimana kesepakatan.

Sementara Kepala UPT Dispora Jember, Chalimatus Sa’diyah, menjelaskan, sebelum dihelatnya konser itu sudah ada kesepakatan tertulis antara Dispora dengan pihak panitia penyelenggara. Salah satunya mengenai jaminan kerusakan yang timbul setelah konser.

Menurut dia, panitia penyelenggara atau pihak Event Organizer (EO) wajib memperbaiki setiap kerusakan di semua fasilitas stadion yang timbul akibat seusai konser. Terkait soal lintasan atletik JSG, memang sudah dalam kondisi ada kerusakan sebelum konser. (Hafit)

(175 views)