Seleksi Molor, Masa Jabatan Babun Suharto Sebagai Rektor UIN KHAS Jember Diperpanjang

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, memutuskan memperpanjang jabatan rektor Universitas Islam Negeri Kh Ahmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember, Babun Suharto. Sebab, hingga masa jabatan rektor berakhir pada 1 Oktober 2023, belum ada kandidat rektor, yang terpilih.

Kepada KISS FM, Babun Suharto mengaku sudah menerima surat keputusan perpanjangan masa jabatan rektor tersebut, sejak Selasa, 3 Oktober. SK itu ditanda-tangani oleh menteri, tertanggal 30 September 2023. Dia menjelaskan bahwa pengangkatan dan pemberhentian rektor menjadi kewenangan menteri agama sampai terpilihnya rektor baru.

Namun dia mengaku tidak mengetahui sampai kapan waktu perpanjangan tersebut. Sesuai pengalaman dirinya, biasanya pelantikan rektor bersamaan dengan pelantikan pejabat lainnya seperti eselon 1 dan 2, serta rektor di kampus lainnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Senat UIN KHAS jember, Rosyadi Badar. Dia menjelaskan pada perinsipnya tidak boleh ada kekosongan jabatan rektor, supaya mahasiswa bisa mendapatkan layanan.

Kini pihaknya hanya menunggu informasi dari Kemenag Pusat, karena tugas senat sudah selesai, sejak seluruh berkas 8 kandidat rektor dikirim ke komisi seleksi kemenag pusat untuk dipilih satu yang terbaik.

<<<hafid

(125 views)