KPU Jember Tindak Lanjuti 6 Bacaleg yang Menjabat BPD dan Guru Sertifikasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menegaskan sudah menindaklanjuti laporan Bawasalu perihal 6 Bacaleg yang tercatat masih menjabat sebagai Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan guru sertifikasi.

Seperti diketahui, 6 Bacaleg yang masih menjabat BPD di sebuah desa, dilarang untuk maju sebagai caleg. Sebaimana PKPU nomor 10 tahun 2023.

Dari 6 Bacaleg, 4 di antaranya merupakan anggota BPD dan sisanya guru sertifikasi. Keduanya harus mengundurkan diri sebab menerima honor atau gaji yang bersumber dari keuangan negara.

Koordinator Divisi Teknis Dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Jember, Achmad Susanto mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti ke masing masing parpol pengusung.

Sebab, Parpol yang berhak mengganti Bacaleg atau mengunggah dokumen yang dibutuhkan. KPU Jember akan melihat dokumen tersebut, setelah verifikasi kegandaan pada 4 hingga 18 Oktober 2023. Apakah masih menjabat atau sudah mundur.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jember, Ummul Mu’minat, menjelaskan, 6 Bacaleg tersebut, tersebar di  tiga dapil.

<<<hafid

(132 views)