Kemenag Jember Umumkan Calon Jemaah Haji yang Berangkat Tahun 2024

Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Jember yang mendaftar bulan Desember 2011 hingga 16 Januari 2012, diminta melakukan persiapan dini. Sebab, JCH tersebut, masuk estimasi berangkat menunaikan ibadah haji di tahun 2024 mendatang.
    
Karena itu, pihak Kantor Kemenag Jember, mulai menggelar penyuluhan manasik haji bagi jemaah haji reguler, yang masuk estimasi berangkat tahun depan.
 
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Jember, Mustain Bilah, menjelaskan, penyuluhan awal bagi jemaah yang masuk daftar tunggu berangkat haji tahun 2024 sudah dimulai.
 
Lebih lanjut, Mustain Bilah mengatakan, estimasi kuota jemaah haji yang diperoleh Jember pada tahun 2024, sekitar 2000-an lebih.
 
Kuota tersebut diperkirakan akan terpenuhi untuk antrean pendaftar di bulan Desember 2011 hingga 16 Januari 2012 silam. Jumlah tersebut termasuk tambahan jemaah tunda tahun kemarin dan jemaah lansia.
 
Mustain menambahkan, pelaksanaan ibadah haji, perlu persiapan yang matang, baik fisik, pengetahuan dan pemahaman manasik. Untuk itu, materi penyuluhan mencakup berbagai aspek, termasuk tata cara berihram, wukuf di arafah, melontar jumrah, dan tahap-tahap lainnya dalam ibadah haji. (Hafid)

(146 views)