Warga Jakarta Ngaku Jadi Pejabat Polri, Tipu Warga Jember Hingga Rp 50 Juta

Seorang narapidana spesialis penipu berinisial OS, warga Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat dipastikan masuk penjara lagi. Pelaku menipu warga Sumbersari, Kabupaten Jember berinisial CH, dengan mengaku sebagai Dir Gakkum Mabes Polri.
 
Kapolres Jember AKBP Moh Nur Hidayat mengatakan, kasus tersebut sudah berhasil terungkap sejak April 2023 lalu.
Namun, pelaku OS pada hari ini Jumat 8 September 2023, baru bisa dibawa ke Polres Jember untuk proses pelimpahan tahap dua ke Kejaksaan Negeri Jember. Sebab, sampai saat ini OS masih menjalani masa tahanan dan akan bebas pada awal tahun 2024 mendatang.
 
OS melancarkan aksinya dari dalam Lapas Gunung Sidur, Bogor. OS dibantu oleh seorang perempuan berinisial J. J yang kini juga berstatus tersangka tidak bisa dihadirkan ke Jember karena alasan kesehatan.
 
Dalam kasus itu, OS berperan sebagai pelaku utama yang menghubungi korban melalui telepon seluler. Ia mengaku sebagai Dir Gakkum Polri, kemudian meminta uang transportasi dari Jakarta ke Jember, dengan jumlah total Rp 50,7 juta. Korban yang percaya begitu saja tanpa konfirmasi langsung menyerahkan uang yang diminta tersangka. Uang tersebut ditransfer ke rekening yang sudah disiapkan oleh tersangka J. Selanjutnya uang tersebut dipakai untuk memenuhi kebutuhan mereka berdua.
 
Lebih jauh Nur Hidayat mengatakan, dalam kasus tersebut polisi menyita barang bukti berupa lima unit HP berisi bukti percakapan tersangka dengan korban.
 
Atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 45 ayat (2) jo pasal 28 ayat (1) Undang-Undang no. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang no. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan atau pasal 378 KUHPidana jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Tersangka terancam maksimal 6 tahun penjara. (Rusdi)

(178 views)