DPRD Jember Kirim Surat ke Kementerian Pertanian, Minta Sabuk Gunung Diperbaiki

Pimpinan DPRD Jember mengeluarkan surat rekomendasi yang ditujukan untuk kementerian pertanian sejak Selasa 30 Agustus 2023. Surat tersebut berisi desakan agar kementerian terkait segera memperbaiki tanggul atau sabuk gunung di kawasan Wuluhan yang jebol, bisa segera diperbaiki.
 
Seperti diketahui, tanggul di kawasan Gunung Manggar, Desa Kesilir dan Gunung Watangan, Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan sudah banyak kerusakan. Total kerusakan sabuk gunung diperkirakan mencapai 7 kilometer. Pemerintah pusat, terakhir melakukan perbaikan pada tahun 2015 silam.
 
Akibatnya, bila di musim penghujan, air dari gunung langsung mengalir ke areal persawahan. Kerusakan ini kembali menjadi perhatian setelah lebih dari 2000 hektar tanaman tembakau pada Juli 2023 kemarin, gagal panen akibat terendam banjir.
 
Sekretaris Komisi B DPRD Jember, David Handoko Seto mengatakan, di kawasan Gunung Manggar hingga Gunung Watangan, sedikitnya terdapat 3000 hektar sawah yang selalu terancam gagal panen di setiap musim penghujan.
 
David menyebut, perbaikan sabuk gunung tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat. Untuk itu, Pemkab Jember hanya bisa mengusulkan agar segera diperbaiki.
 
Dalam surat yang dikeluarkan Ketua DPRD Jember tersebut, meminta agar kementerian pertanian bersama kementerian pupr segera memperbaiki sabuk gunung, untuk menjawab keluhan petani selama ini. (Ulil)

(182 views)