Bawaslu Jatim Ambil Alih Wewenang Pengawasan Pemilu di Jember

Jabatan komisioner Bawaslu Jember kosong, Bawaslu Jatim ambil alih tugas, wewenang Bawaslu Jember jelang pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS).
 
Sejak Selasa, 15 Agustus 2023 kemarin, jabatan komisioner Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Jember, kosong.
 
Sebab, masa komisioner Bawaslu telah berakhir, pada tanggal tersebut. Untuk itu, Bawaslu Jawa Timur kini telah mengambil alih tugas, wewenang dan kewajiban Bawaslu Kabupaten Jember. Khususnya, dalam tugas pengawasan tahapan Pemilu di Jember.  
 
Komisioner Divisi Humas dan Data Bawaslu Jawa Timur, Dwi Endah Prasetyowati, mengatakan, masa jabatan Bawaslu kabupaten-kota se-Indonesia periode 2018-2023, telah berakhir per 15 Agustus 2023.
 
Sementara seleksi komisioner Bawaslu Jember periode 2023-2028 masih belum selesai dan masih pada tahap penetapan serta pelantikan.      
 
Untuk itu, Bawaslu RI menginstruksikan kepada Bawaslu provinsi untuk mengambil alih tugas, wewenang dan kewajiban Bawaslu kabupaten-kota di Jawa Timur.
 
Apalagi saat ini, tahapan pemilu sudah masuk pencermatan verifikasi administrasi perbaikan Bacaleg dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) DPRD tahun 2024.
 
Pengambil-alihan tersebut, kata Dwi, sifatnya sementara, sejak tanggal 15 Agustus 2023 hingga dilantiknya anggota yang baru.
 
Dia menjelaskan, terjadi keterlambatan proses seleksi atau pelantikan komisioner, karena waktunya diundur. Rencananya, pelantikan Bawaslu kabupaten-kota berlangsung pada tanggal 14 atau 15 Agustus 2023. Namun karena suatu hal, akhirnya harus diundur antara tanggal 16 hingga 20 Agustus 2023.   
 
Dasar hukum pengisian kekosongan jabatan tersebut, tegas Endah berdasarkan pasal 99 e undang-undang nomor 7 tahun 2017, tentang Pemilu dan peraturan Bawaslu nomor 3 tahun  2022. Pada intinya, bahwa Bawaslu provinsi berwenang untuk mengambil alih sementara tugas, wewenang dan kewajiban Bawaslu. (Hafid)

(113 views)