Musim Kemarau, Harga Cabai dan Beras di Jember Merangkak Naik

Sejak masuk bulan Agustus 2023, harga beras di pasaran Kabupaten Jember merangkak naik kisaran Rp400. Hal yang sama juga terjadi pada komoditas cabai.

Salah satu admin toko beras di Pasar Tanjung, Ida, mengatakan, harga beras saat ini mengalami kenaikan Rp400 per kg. Jika sebelumnya beras dengan kualitas medium Rp10.800 per kg, sejak hari ini Sabtu (12/08/2023) menjadi Rp11.200 per kg.

Menurut Ida, kenaikan harga beras salah satunya dipicu oleh produksi gabah di tingkat petani yang semakin sedikit karena memasuki musim kemarau. Kendati harga mulai merangkak naik, pembeli justru semakin banyak. Sebab, mereka khawatir jika dikemudian hari harga beras semakin tinggi dibandingkan hari ini.

Sementara itu, harga komoditas lainnya di pasaran juga terpantau naik, seperti cabai rawit dari Rp25 ribu per kg menjadi Rp45 ribu per kg. Harga naik juga terjadi pada bumbu dapur, mulai kisaran harga Rp8 ribu per kg menjadi Rp20 ribu per kg.

Salah satu pedagang di Pasar Tanjung, Hamida, menyebut, kenaikan harga diduga juga dipicu musim kemarau yang membuat produksi di tingkat petani menurun. Ditambah kegiatan masyarakat yang meningkat di bulan Agustus sehingga permintaan meningkat.

Berbeda dengan beras yang memiliki pembeli meningkat, para pembeli cabai justru menurun. Bahkan, para pembeli mengurangi jumlah barang yang dibeli karena harga naik. (Rusdi)

(159 views)