Tebing Setinggi 35 Meter Longsor, Akses Jalan Menuju Kebun Silosanen Buka Tutup

Hujan deras yang mengguyur desa Pace, Kecamatan Silo, Rabu sore kemarin, menyebabkan tebing setinggi 35 meter di jalan menuju perkebunan PTPN 12 Kebun Silosanen Desa Mulyorejo longsor. Namun, perkembangan saat ini sisa longsoran sudah dibersihkan, sehingga akses jalan sudah normal.

Menurut Kapolsek Sempolan, awalnya pihaknya menerima informasi bahwa akses jalan menuju PTPN 12 Kebun Sillosanen tertutup akibat longsor. Setelah mendapatkan informasi peristiwa tersebut, pihaknya segera berkoordinasi dengan Koramil, Satpol PP Sempolan, BPBD Kabupaten Jember, serta perangkat Desa Mulyorejo dan Desa Pace.

Selanjutnya bersama-sama, melakukan tindakan evakuasi material tanah yang menutup badan jalan. Namun upaya evakuasi secara menjual mengalami hambatan karena banyak bebatuan yang berukuran cukup besar. Meski demikian kondisi saat ini, akses jalan sudah bisa dilalui dengan cara buka tutup atau bergantian dari kedua arah.

Sementara Kades Pace, Muhammad Farohan, jalan sudah bisa dilalui, sejak Rabu malam. Namun untuk bebatuan yang ukurannya cukup besar, masih belum bisa dievakuasi dengan cara manual.

Karena itu, untuk evakuasi baru besar tersebut, dilanjutkan Kamis pagi, 17 November 2022, dengan mendatangkan alat berat. Karena posisi baru besar tersebut, berada di badan jalan dekat tebing.

Sebelumnya, jalan Desa Pace, yang menghubungkan dengan Desa Mulyorejo Kecamatan Silo, terputus akibat tebing longsor setelah diguyur hujan deras, sekitar 3 jam lebih, Rabu, 16 November 2022 kemarin.

(52 views)