Bawaslu Termukan Dua Pendaftar Panwascam Terdaftar Sebagai Anggota Partai Politik

Dua pendaftar calon Panwaslu Kecamatan, diduga masuk dalam keanggotaan Partai Politik. Namun yang bersangkutan mengaku tidak menjadi anggota partai politik mana pun. 

Menurut salah seorang komisioner Bawaslu, Andhika A Firmansyah, pendaftaran calon Panwaslu Kecamatan dibuka Rabu, 21 September hingga Selasa 27 September 2022, mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Pada hari pertama, Bawaslu Kabupaten Jember menemukan 2 orang, tercatat sebagai anggota parpol. 

Hal ini diketahui, setelah Bawaslu mengecek NIK, yang bersangkutan melalui Sipol. Pihaknya selanjutnya mengkonfirmasi kebenaran keanggotaan dalam parpol tertentu. Keduanya mengaku tidak terlibat bahkan tidak tahu namanya tercatat sebagai anggota parpol tertentu. 

Karena itu, pihaknya langsung mengarahkan kepada ya g bersangkutan, untuk mengisi form melalui laman KPU dan atau Langsung ke Kantor KPU. Selain itu membuat surat pernyataan bermeterai yang nantinya pasti akan di Verifikasi tahap 2 oleh KPU.

Andika menambahkan masih ada waktu 6 hari hingga tangga 27 September untuk melakukan perbaikan. Berkas bisa dikirim langsung, melalui pos juga melalui email Bawaslu.

Sebelumnya, Hari pertama dibuka pendaftaran, puluhan orang mulai menyerbu Kantor Bawaslu Kabupaten Jember, di Jalan Dewi Sartika no 54 Kepatihan Kaliwates, Rabu sore. Sedikitnya sudah ada 32 orang mendaftarkan diri menjadi calon anggota Panwaslu Kecamatan, dengan berkas yang sudah lengkap.

Persyaratan, yang perlu diperhatikan bahwa calon Panwaslu kecamatan adalah WNI, Umur mininal 25 tahun, pendidikan terakhir SMA, tidak anggota partai politik dan bersedia bekerja penuh waktu.

Selain itu, pendaftar harus melengkapi berkas administrasi diantaranya surat lamaran, Foto terbaru 4×6, Fotokopi KTP, Fotokopi Ijazah yang dilegalisasi surat keterangan sehat, serta beberapa persyaratan lainnya. 

Untuk lebih lengkapnya, para calon bisa mengunduh formulir di situs resmi Bawaslu Kabupaten Jember.

(63 views)